Komunikasi Sosial, pengertian ciri tujuan dan manfaatnya

Rangkuman materi IPAS Semester 2 kurikulum merdeka - Pengertian Komunikasi sosial adalah proses yang berkaitan dengan penggunaan bahasa dalam situasi sosial yang setidaknya mengacu pada kemampuan seseorang dalam menggunakan bahasa untuk berinteraksi dengan orang lain dalam berbagai situasi. Atas alasan inilah kemampuan untuk mengambil perspektif orang lain dan memodifikasi penggunaan bahasa yang sesuai yang disebut sebagai Theory of Mind ToM.

Ciri - ciri Komunikasi Sosial


Karakteristik yang menggambarkan adanya komunikasi sosial. Antara lain;
  1. Terdapatnya interaksi sosial mengacu pada kemampuan seseorang untuk mengakui bahwa orang lain adalah makhluk sosial. Interaksi sosial tersebut mencakup, namun tidak terbatas pada, gaya komunikasi, penggunaan bahasa/alih kode, penalaran dan kompetensi sosial, dan resolusi konflik.
  2. Hadirnya kognisi sosial menggambarkan kemampuan seseorang untuk terhubung dengan dan memahami emosi diri sendiri dan orang lain, serta memahami nuansa bahasa dan membuat kesimpulan dari isyarat konteks. (Kognisi adalah proses mental yang terjadi mengenai sesuatu yang didapatkan dari kegiatan berpikir tentang seseorang atau sesuatu. Proses yang dilakukan adalah memperoleh pengetahuan dan memanipulasi pengetahuan melalui aktivitas mengingat, menganalisis, memahami, menilai, menalar, membayangkan dan berbahasa.)
  3. Terdapatnya pragmatik yang terkait dengan bagaimana kita menggunakan bahasa dalam situasi sosial dengan menggunakan aturan tidak tertulis berdasarkan konteksnya. Misalnya, seseorang mungkin menggunakan bahasa secara berbeda ketika berbicara dengan teman sebaya versus orang tua. Dimana untuk keterampilan pragmatis termasuk, tetapi tidak terbatas pada, mempertahankan topik percakapan, memulai percakapan atau interaksi, melakukan kontak mata, memperbaiki gangguan percakapan, dan bergiliran untuk berbicara.
  4. Mempergunakan bahasa reseptif yang setidaknya mengacu pada pemahaman bahasa, sedangkan bahasa ekspresif mengacu pada keluaran ekspresif bahasa. Bahasa meliputi membaca, menulis, berbicara, memberi isyarat, dan memahami. Komponen bahasa reseptif/ekspresif adalah sintaksis (urutan kata), morfologi (bentuk kata), dan semantik (kosa kata), dan fonologi (bunyi ujaran).

Tujuan Komunikasi Sosial


Adapun untuk tujuan komunikasi sosial dapat dilihat dari sudut pandang pengirim pesan (yang disebut komunikator) maupun sudut pandang penerima pesan (yang disebut komunikan). Berikut penjelasannya:

  1. Tujuan komunikasi sosial dari sudut pandang komunikator yaitu untuk memberikan informasi, pelajaran, hiburan, dan persuasi kepada komunikan.
  2. Tujuan komunikasi sosial dari sudut pandang komunikan yaitu untuk memahami, mempelajari, menikmati, menolak atau memutuskan pesan yang diperoleh dari komunikator.

Selain dibedakan berdasarkan sudut pandang penerima dan pengirim pesan, tujuan komunikasi sosial juga dapat dilihat secara sosial maupun individual, yaitu sebagai berikut:
  1. Tujuan secara sosial, diantaranya yaiti: Mensosialisasikan peran dan norma-norma serta kebiasaan yang berlaku di masyarakat kepada anggota masyarakat yang baru; Menciptakan konvensi atau kesepakatan bersama tentang kebijakan, menjadi penentang atau pendukung, serta pengontrol perilaku terkait pengelolaan sumber daya ke dalam arah yang diinginkan.
  2. Tujuan secara individual, diantaranya yaiti: Mendapatkan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk dapat hidup dengan nyaman dalam suatu masyarakat; Mencapai keputusan dalam menentukan suatu hal dengan banyak pilihan, mengambil tindakan yang didasarkan pada informasi yang ada, serta berperilaku sesuai dengan apa yang diinginkan secara sosial.

Manfaat Komunikasi Sosial


Komunikasi sosial merupakan hal yang penting untuk dilakukan karena dapat memberikan beragam manfaat, antara lain:
  1. Membantu mengeluarkan muatan negatif dalam diri kita, sehingga kita dapat mengungkapkan apa yang kita rasakan kepada orang-orang terdekat kita dan merasa nyaman. Selain itu, kita juga dapat saling membantu dalam memecahkan masalah.
  2. Komunikasi sosial mengajarkan kita keterampilan berhubungan dengan orang lain, yang dapat diterapkan di berbagai bidang pekerjaan, karena hal tersebut memperkenalkan kita pada kekuatan dan kelemahan kepribadian kita dan meningkatkan rasa percaya diri kita.
  3. Komunikasi sosial membantu kita dalam hal kebangkitan dan perkembangan masyarakat, karena ketika kita berbicara, kita berkontribusi pada pembangunan dan memecahkan masalah yang dihadapi tanah air, dan kita tahu apa yang kita hadapi dan menawarkan solusi untuk mengatasinya.
  4. Komunikasi sosial memberi kita banyak keuntungan dengan bersikap terbuka terhadap dunia dan budaya yang berbeda di sekitar kita, dan membuat kita lebih up-to-date dan akrab dengan perkembangan terbaru.
  5. Komunikasi sosial adalah cara penting untuk mendapatkan hiburan dan kesenangan dalam hidup, misalnya kita dapat menghabiskan waktu dengan pasangan atau teman-teman kita untuk meningkatkan keakraban.

Materi lengkap IPAS Semester 2 silahkan klik tautan link pada gambar berikut


Demikian beberapa hal yang bisa Guru Santai sampaikan semoga bermanfaat dan membantu. Ikuti terus Guru Santai dengan cara follow untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan menarik lainnya.

0 Response to "Komunikasi Sosial, pengertian ciri tujuan dan manfaatnya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel